Tutunan sholat

TUNTUNAN SHOLAT

Muqadimah

 Menurut dhahirnya yang dinamakan shalat itu ialah segala perbuatan, bacaan-bacaan, doa-doa yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, yang semuanya tadi di’ibadatkan kepada Allah, menurut syarat-syarat dan cara-cara yang telah ditentukan.

Tiap-tiap muslim, laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh diwajibkan mengerjakan shalat sehari semalam lima waktu, yaitu : Shubuh, Dhuhur, ‘Ashar, Maghrib dan Isya’, sebagaimana dalil-dalil di bawah ini :

اِنَّ الصَّلوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتبًا مَّوْقُوْتًا. النساء: 103

Sesungguhnya shalat itu adalah fardlu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. [QS. An-Nisa : 103].

عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ اَنَّ اَعْرَابِيًّا جَاءَ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص ثَائِرَ الرَّأْسِ فَقَالَ: يَارَسُوْلَ اللهِ اَخْبِرْنِى مَاذَا فَرَضَ اللهُ عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ؟ فَقَالَ: اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ اِلاَّ اَنْ تَطَوَّعَ شَيْأً. البخرى و مسلم و اللفظ للبخارى 2: 225

Dari Thalhah bin ‘Ubaidillah, bahwasanya ada seorang Arab gunung yang rambutnya acak-acakan datang kepada Rasulullah SAW lalu bertanya, “Ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku, shalat apakah yang difardlukan Allah kepadaku ?”. Jawab Rasulullah, “Shalat lima waktu, kecuali jika kamu mau shalat sunnat”. [HR. Bukhari dan Muslim dan lafadh itu bagi Bukhari II : 225].

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: بُنِيَ اْلاِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَ اِقَامِ الصَّلاَةِ وَ اِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَ اْلحَجّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ. البخارى و مسلم، و اللفظ للبخارى 1: 8

Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Islam itu terdiri atas lima rukun : Mengakui tidak ada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, hajji, dan puasa Ramadhan”. [HR. Bukhari dan Muslim, dan lafadh itu bagi Bukhari I : 8]

عَنْ اَبِى سُفْيَانَ قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرًا يَقُوْلُ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: اِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَ بَيْنَ الشّرْكِ وَ الْكُفْرِ تَرْكَ الصَّلاَةِ. الجماعة الا البخارى و النسائى و اللفظ لمسلم 1: 88

Dari Abu Sufyan, ia berkata : Saya mendengar Jabir berkata : Aku mendengar Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya (yang membedakan) antara seseorang dengan syirik dan kekufuran adalah meninggalkan shalat”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Nasai, dan lafadh itu bagi Muslim I : 88]

عَنْ بُرَيْدَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اَلْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَ بَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ. فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ. الخمسة و اللفظ لاحمد

Dari Buraidah RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat, karena itu barangsiapa meninggalkannya berarti ia telah kufur”. [HR. Khamsah, dan lafadh ini bagi Ahmad].

Qiyam

Yaitu berdiri tegak menghadap qiblat (Masjidil Haram/ Makkah)

 

Shalat dengan berdiri

Sabda Nabi SAW :

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض قَالَ: كَانَتْ بِى بَوَاسِيْرُ فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص عَنِ الصَّلاَةِ فَقَالَ: صَلّ قَائِمًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ. الجماعة الا مسلم و اللفظ للبخارى

Dari ‘Imran bin Hushain RA, ia berkata : Adalah aku menderita ambeiyen, lalu aku bertanya kepada Nabi SAW bagaimana cara shalat. Maka beliau SAW bersabda, “Shalatlah dengan berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk, dan kalau tidak dapat, maka shalatlah dengan berbaring. [HR. Jama’ah kecuali Muslim, dan lafadh ini bagi Bukhari].

Menghadap qiblat

وَ مِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ. البقرة: 150

Dan dimana saja kamu berada, hadapkanlah wajahmu (dikala shalat) ke arah Masjidil Haram (Qiblat). [QS. Al-Baqarah : 150].

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص: اِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ فَاَسْبِغِ الْوُضُوْءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبّرْ. مسلم 1: 298

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Apabila kamu akan berdiri mengerjakan shalat, sempurnakanlah wudhlu, kemudian menghadaplah ke qiblat lalu bertakbirlah”. [HR. Muslim I : 298].

Takbiratul Ihram (Takbir untuk memulai shalat)

 

Wajibnya memulai shalat dengan takbir dan mengangkat tangan.

اَكْبَرُ

Maha Besar

اَللهُ

Allah

  اَللهُ اَكْبَرُAllah Maha Besar

عَنْ عَلِيّ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مِفْتَاحُ الصَّلاَةِ الطُّهُوْرُ وَ تَحْرِيْمُهَا التَّكْبِيْرُ وَ تَحْلِيْلُهَا التَّسْلِيْمُ. الترمذى و قال: هذَا الحديث اصح شيء فى هذا الباب و احسن

Dari Ali, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Kuncinya shalat ialah bersuci, mulainya shalat ialah Takbir dan selesainya shalat ialah mengucap Salam”. [HR. Tirmidzi, dan dia berkata, “Hadits ini adalah seshahih-shahih dan sebaik-baik hadits dalam bab ini].

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا. الخمسة الا ابن ماجه و اللفظ للترمذى 1: 152

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat, beliau (memulainya dengan) mengangkat kedua tangannya pelan-pelan”. [HR. Khamsah kecuali Ibnu Majah, lafadh ini bagi Tirmidzi juz I, hal. 152].

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُوْنَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبّرُ. فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَا مِثْلَ ذلِكَ وَ اِذَا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَا كَذلِكَ اَيْضًا وَ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ الْحَمْدُ. احمد و البخارى و مسلم. و للبخارِى: وَ لاَ يَفْعَلُ ذلِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ. وَ لاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَاْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ. قى نيل الاوطار 2: 200

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Adalah Nabi  SAW apabila berdiri shalat beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua pundaknya, kemudian beliau bertakbir. Dan apabila beliau hendak ruku’ mengangkat kedua tangannya seperti itu. Dan juga apabila mengangkat kepalanya dari ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya seperti itu dan mengucapkan, “Sami’alloohu liman hamidah rabbanaa wa lakal hamdu”. (Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu lah segala puji). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim. Dan bagi Bukhari disebutkan], “Dan beliau tidak mengerjakan yang demikian itu ketika sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari sujud”.

 

عَنْ نَافِعٍ اَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ اِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ الرَكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ رَفَعَ ذلِكََ ابْنُ عُمَرَ اِلَى النَبِيّ ص. البخارى و النسائ و ابو داود فى نيل الاوطار 2: 204

Dari Nafi’ ia berkata, “Bahwasanya Ibnu ‘Umar apabila memasuki shalat, ia bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan apabila ia ruku’ mengangkat kedua tangannya, dan apabila mengucapkan, “Sami’alloohu liman hamidah”, mengangkat kedua tangannya. Dan apabila berdiri dari dua reka’at, mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu ‘Umar memarfu’kan hadits itu kepada Nabi SAW”. [HR. Bukhari, Nasai dan Abu Dawud].

عَنْ عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ كَانَ اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ اْلمَكْتُوْبَةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ. وَ يَصْنَعُ مِثْلَ ذلِكَ اِذَا قَضَى قِرَاءَتَهُ وَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ. وَ يَصْنَعُهُ اِذَا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ. وَ لاَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِى شَيْءٍ مِنْ صَلاَتِهِ وَ هُوَ قَاعِدٌ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ كَذلِكَ وَ كَبَّرَ. احمد و ابو داود و الترمذى و صححه فى نيل الاوطار 2: 204

Dari Ali bin Abu Thalib, dari Rasulullah SAW bahwasanya apabila beliau berdiri shalat wajib, beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua bahunya. Dan beliau berbuat seperti itu apabila selesai membaca (Al-Fatihah dan ayat Al-Qur’an) dan hendak ruku’, dan beliau berbuat yang demikian apabila mengangkat kepalanya dari ruku’, dan tidak mengangkat kedua tangannya pada sesuatu dari shalatnya dikala beliau duduk. Dan apabila berdiri dari dua raka’at, beliau mengangkat kedua tangannya seperti itu dan bertakbir”. [HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi. Dan Tirmidzi mensha-hihkannya].

عَنْ اَبِى قِلاَبَةَ اَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ الْحُوَيْرِثِ اِذَا صَلَّى كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ حَدَّثَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَنَعَ هكَذَا. احمد و البخارى و مسلم. و فى رواية: اَنَّ رَسُولَ اللهِ ص كَانَ اِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فَقَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَ ذلِكَ. احمد و مسلم و فى لفظ لهما: حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا فُرُوْعَ اُذُنَيْهِ. فى نيل الاوطار 2: 205

Dari Abu Qilabah, bahwasanya ia melihat Malik bin Al-Huwairits, apabila ia mengerjakan shalat, bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan apabila akan ruku’ mengangkat kedua tangannya, juga apabila mengangkat kepalanya (dari ruku’) ia mengangkat kedua tangannya. Dan ia menceritakan bahwasanya Rasulullah SAW berbuat seperti itu”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim. Dan di dalam satu riwayat], “Sesungguhnya Rasulullah SAW dahulu apabila bertakbir, mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya. Dan apabila akan ruku’ mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya, dan apabila mengangkat kepalanya dari ruku’ dengan mengucap Sami’alloohu liman hamidah berbuat seperti itu”. [HR. Ahmad dan Muslim. Dan di dalam satu lafadh bagi keduanya], ”Sehingga kedua tangannya itu sejajar dengan kedua daun telinganya”.

Leave a comment